Recent Posts

Selasa, 12 Februari 2013

Mengembalikan Icon pada Menu dan Desktop yang berubah

Asalamu'alaikum wr. wb.

apa kabar sob....kali ini saya akan membahas tentang kasus kasus yang terjadi pada win 7, salah satunya adalah.....

" Icon pada menu desktop berubah " nah..bagaimana solusinya.........

langsung saja............

Pada windows 7, problem ini sering sekali terjadi. Bebeapa yang tidak paham akan menyangka bahwa system mereka tengah terserang virus. Namun, sebenarnya tidaklah demikian.

Faktanya, hal ini terjadi dikarenakan oleh kesalahan system, yakni pengintegrasian type file ke dalam suatu otoritas aplikasi pembuka. Sederhana-nya, ini terjadi ketika anda membuka suatu type file melalui menu Open With, dengan mengklaim bahwa aplikasi tersebut setersnya akan menjadi aplikasi pembuka bagi type file tersebut, contoh: *.mp3 oleh Win*mp, *.jpg oleh AC*See, *.txt oleh Notepad, dan lain sebagainya.


Pada banyak kasus, hal ini sering terjadi pada file ber-type *.lnk atau lebih sering di-kenal sebagai shortcut, yang mengakibatkan tampilan menu ataupun icon pada desktop semua berubah menjadi sama.

Menurut pengalaman saya, untuk kasus demikian dapat ditangani dengan 2 (dua) cara. Yang pertama adalah, memanfaatkan fasilitas bawaan windows yakni System Restore. Tool bawaan ini dapat diakses dengan mudah dengan cara: tekan tombol Windows + R hingga muncul input box Run. Ketik rstrui.exe untuk menjalankan-nya. Pilih salah satu restore point berdasarkan tanggal di-mana komputer anda masih dalam keadaan normal/ sebelum terjadinya kasus di atas. Lalukan restore system, proses ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung banyaknya perubahan yang dilakukan. Tunggu hingga proses ini selesai lalu lakukan restart system.


Jika cara yang pertama di atas tidak efektif. Coba cara ke-dua yakni dengan melakukan perubahan pada registry windows.Ekstrak file *.reg, lalu klik kanan pada file> Merge. Jika muncul dialog User Account Control, klik Yes untuk melanjutkan proses. Setelah selesai, lakukan restart system untuk memaksimalkan proses tadi.


Demikian 2 (dua) cara mengatasi problem tersebut yang pernah saya gunakan, jika anda punya cara lain dalam mengatasi hal ini, boleh dibagikan juga. Semoga bermanfaat.. :)

5 komentar:

  1. maksud ekstrak file*.reg iu artinya apa y mas? :)

    BalasHapus
  2. Cara pertama, saya setuju.
    Cara kedua, saya nggak nyambung.
    Cara ketiga, trik dari saya :
    Masuk ke kontrol panel > buat akun baru dengan akses administrator > log off > masuk ke akun baru > hapus akun lama (Jangan lupa back up data akun lama sebelum di hapus). selesai dan silahkan bekerja menata ulang data di akun baru

    BalasHapus
  3. Makasih mas taslim.. Aku makek caranya mas barusan...

    BalasHapus